Senin, 04 Maret 2013

Tanamkan Wawasan Kebangsaan Sejak Dini


 




Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) sangat penting menanamkan pendidikan cinta tanah air kepada para siswanya. Bahkan wawasan kebangsaan perlu ditanamkan sejak dini. Hal itu agar peserta didik yang tumbuh di negeri orang tidak kehilangan identitasnya sebagai warga negara Indonesia.

Hal itu dikatakan Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal (PAUDNI) Lydia Freyani Hawadi usai mengunjungi Taman Kanak-kanak di Sekolah Indonesia Bangkok, Thailand, 27 Februari lalu.

“Wawasan kebangsaan harus menjadi salah satu prioritas di SILN, terutama pada PAUD. Dengan demikian anak-anak Indonesia yang tumbuh di luar negeri tidak kehilangan identitasnya sebagai warga negara Indonesia (WNI),” kata Lydia.

Ia mengatakan anak-anak TK di Bangkok banyak yang tidak mengenal presiden Indonesia. Mereka juga tidak hafal lagu-lagu kebangsaan Indonesia. Hal itu terjadi, kata dia bukan karena kesadaran pendidikan wawasan kebangsaan telah luntur.

“Hal itu terjadi karena para pendidik PAUD di SILN belum mendapatkan pelatihan dan informasi yang memadai dari pemerintah. Kami akan mengupayakan agar program pelatihan dapat menjangkau pendidik di SILN,” ujarnya.[as]

Sumber: kemdiknas.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar