Rabu, 06 Maret 2013

BNPT Bentuk FKPT Sulsel





Sulawesi Selatan dianggap sebagai daerah yang tergolong rawan dengan aksi terorisme. Badan Penanggulangan Teroris (BNPT) pun membentuk Forum Komunikasi Pencegahan Teroris (FKPT) terkait kerawanan tersebut.

Deputi 1 Bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi BNPT, Mayjen TNI Agus Surya Bakti dalam rapat koordinasi pencegahan terorisme di Provinsi Sulsel di Makassar, Selasa (5/3/2013) mengungkapkan, dengan terbentuknya FKPT di Sulsel, berarti sudah terbentuk 18 FKPT di Indonesia. Diharapkan, seluruh wilayah di Indonesia sudah memiliki FKPT.

"FKPT ini merupakan gabungan dari berbagai kalangan, seperti tokoh masyarakat, tokoh agama, akademisi, mahasiswa, pelajar, dan sebagainya. Jadi tugas-tugas FKPT nantinya, meluruskkan pemahaman agama tentang aksi teroris. Kita dari BNPT betul-betul memberdayakan masyarakat," tandas mantan anggota Kopasus ini.

Agus menambahkan, FKPT menjadi perpanjangan tangan BNPT di daerah-daerah. "FKPT adalah mitra BNPT. Dalam mengatasi aksi teroris, bukan hanya tugas TNI-Polri saja. Melainkan tugas kita semua. Di mana saat ini, banyak faham-faham baru yang bermunculan," ungkapnya.

Kepala Bidang Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Endi Sutendi, menerangkan, setelah pembentukan FKPT hari ini, dilanjutkan pelantikan dan pengukuhan pada Rabu (6/3/2013) besok, dirangkaikan dialog pencegahan terorisme bertema "Sinergitas Pemerintah dan Masyarakat dalam  Pencegahan Terorisme Berbasis Kearifan Lokal Guna Mendukung Kerja FKPT Sulsel." (fs)

Sumber: Kompas, Tribunnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar