Jumat, 08 Maret 2013

Mahasiswa Unibraw Temukan Cara Atasi Diabetes






Lima mahasiswa dari Universitas Brawijaya (Unibraw) sukses menerapkan ilmu yang mereka pelajari di kehidupan nyata. Bahkan, karya mereka diklaim mampu menolong para penderita Diabetes Mellitus (DM).
Mereka adalah Fahad Arwani, Reno Muktiaji Herdhiansyah (Teknik Elektro), Arfianita Ramadhani, Putro Aneswari (Ilmu Keperawatan), dan Muhammad Fahri Akbar (Ekonomi Pembangunan) yang menggagas inovasi teknologi pembasmi bakteri MRSA pada luka diabetes.

Teknologi yang diberi nama Kill Your Bacteria (KYUBI) ini bisa menghindarkan para penderita DM dari amputasi. KYUBI menggunakan listrik berdaya rendah untuk membunuh bakteri dan mengurangi luka pada penderita DM.

KYUBI dilengkapi dengan gel elektrolit yang ditempatkan sedemikian rupa sehingga mengapit luka. Setelah KYUBI dihidupkan, pulsa listrik akan melewati luka untuk kemudian melakukan kompresi listrik sehingga memecah terjadinya membran sel bakteri. Dalam lima menit, KYUBI mampu membunuh 100 persen sejumlah bakteri.

Saat ini, Fahad dan rekan-rekannya sedang mengusahakan uji klinis dan mengusahakan hak paten atas penemuan mereka tersebut. KYUBI belum lama ini menjadi juara pada ajang ESPIRIEX 2013 untuk kategori internasional.[Az]
Sumber: Beritasatu.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar