Rabu, 06 Maret 2013

Mitsuo Nakamura: Ormas-Ormas Islam Jangan Cepat Terjun ke Politik





Berbicara Islam di Indonesia, nama Profesor Mitsuo Nakamura tidak bisa dilewatkan. Di usianya yang telah memasuki kepala depalan, lelaki Jepang kelahiran Manchuria masih aktif memahami Islam di Indonesia. bahkan tak jarang  antropolog dari Chiba University Jepang tersebut mengikuti acara-acara yang diprakarsai Muhammadiyah atau Nahdatul Ulama.

Menurut Profesor Mitsuo Nakamura saat ini Muhammadiyah  dan NU sekarang sudah menjadi dua kekuatan masyarakat madani yang sangat mapan secara sosial. Menurutnya berbagai rintisan dalam rangka mereformasi kehidupan bangsa melalui pendidikan, sosial dan ekonomi sangat mencerahkan Indonesia.

Terkait fenomena banyaknya tokoh Islam yang terjun dalam dunia politik, Mitsuo Nakamura berharap ormas-ormas Islam jangan cepat-cepat terjun ke dunia politik demi kekuasaan.

“Soal politik ini, saya menyarankan kepada organisasi-organisasi Islam untuk jangan cepat terjun ke dunia politik hanya semata-mata karena kekuasaan . Itu jangan dilakukan saya pikir” tutur Profesor Mitsuo Nakamura.

Bukan berarti Ormas Islam tidak turut andil dalam perpolitikan Indonesia, melainkan  Nakamura menekankan agar para tokoh Islam terjun ke dunia politik bukan demi kekuasaan tetapi agar mereka bisa belajar saling menghargai dan berkompromi dengan pihak lain. [Mh]

Sumber: Islam-Indonesia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar