Kamis, 28 Maret 2013

Peran Ibu Turut Menentukan Kebesaran Suatu Bangsa


Seorang ibu bagi anak-anak dan keluarganya mempunyai peran sentral. Kebesaran satu bangsa juga ditentukan kualitas peran ibu, sebagaimana dinyatakan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka, Yunan Yazid.

“Di balik negara yang besar, pasti ada peran para ibu yang baik, karena mereka yang mengayomi sebuah negara menjadi maju,” kata Yazid, di Sungailiat, Kamis.

Dia mengimbau pada para siswa untuk menghormati para ibu dengan cara belajar lebih giat. “Mari jadikan momen Hari Ibu untuk meningkatkan rasa bakti pada orang tua dengan cara rajin belajar dan meningkatkan prestasi,” katanya.

Dia mengatakan, tidak ada perayaan khusus untuk memperingati Hari Ibu yang jatuh pada 22 Desember mendatang. “Namun biasanya di sekolah-sekolah ada perayaan khusus untuk memperingati Hari Ibu misalnya dengan mengadakan syukuran,” katanya.

Dia sendiri mengaku, peran ibu dalam kehidupannya sangat berarti, terutama dalam membentuk sikap keikhlasan dan kerja keras. “Ibu saya, Bu Badariah, selalu mengajarkan mengenai nilai-nilai kerja keras dan keikhlasan, maklum, Beliau adalah orangtua tunggal sejak ditinggal ayah meninggal,” katanya.

Dia mengisahkan ibunya harus menjadi buruh cuci untuk menghidupi delapan orang anaknya yang masih kecil-kecil. “Alhamdulillah, berkat ibu, sekarang kami menjadi manusia-manusia tahan banting yang selalu ikhlas,” katanya.

Kesuksesan Bu Badariah dalam membesarkan anak-anaknya tidak hanya terbukti pada Yunan yang menjadi kepala Dinas Pendidikan. Anak sulung Bu Badariah juga telah menjadi orang nomor satu di Kabupaten Bangka, Bupati Yusroni Yazid.[Az]


Sumber: Lazuardi Birru


Tidak ada komentar:

Posting Komentar