Selasa, 05 Maret 2013

Profesionalisme Guru Jadi Tuntutan





Para guru dituntut profesional dalam menjalankan profesinya. Tuntutan profesionalisme terhadap guru tersebut bukan hanya dari orangtua dan masyarakat tapi juga dari anak didik. Profesionalisme guru bukan hanya memiliki kemampuan melaksanakan tugas pokoknya sebagai pendidik dan pengajar, tetapi juga memiliki kecerdasan intelektual, emosional, sosial, dan spiritual.

Pernyataan tersebut dikemukakan Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Pendidikan (STKIP) Siliwangi Bandung, Prof. H. Aas Syaefuddin, MA, saat acara Penyerahan Sertifikat Pendidik Profesional Rayon 110 Jawa Barat, di Bandung, Senin (4/3/13).

“Saat ini tugas seorang pendidik bukan hanya disorot oleh orang tua siswa dan masyarakat umum, murid-murid juga menuntut profesionalisme dari guru sebagai tenaga pengajar,” ujar Aas.
Menurut dia kinerja pendidik dan tenaga kependidikan ditentukan oleh kualifikasi akademik, kompetensi dan kesejahteraan. Kesejahteraan yang memadai akan memberikan motivasi kepada guru agar melakukan tugas profesionalnya secara sungguh-sungguh.

“Kesungguhan guru dalam melaksanakan tugas profesionalnya akan sangat menentukan perwujudan pendidikan nasional yang bermutu,” ujar dia.[as]

Sumber: pikiran-rakyat.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar