Jumat, 29 Maret 2013

Tiga Polisi Tewas Dalam Baku Tembak




Tiga anggota Brimob meninggal dan tiga lain luka-luka setelah baku tembak dengan sekelompok orang yang diduga teroris Poso.

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Kombes Pol Agus Rianto, menjelaskan bahwa peristiwa itu terjadi pada Kamis (20/12/2012) sekitar pukul 10.00 WITA ketika satu regu anggota Brimob Polda Sulawesi Tengah melakukan patroli rutin dengan menggunakan sepeda motor.

Saat itu rombongan Patroli melintas di wilayah Gunung Kalora Desa Tambarana, Poso Pesisir, Kabupaten Poso. “Mereka melihat sekolompok orang, kemudian didekati, tetapi tiba-tiba kelompok orang tersebut menembak anggota Brimob,” kata Agus di Jakarta seperti dikutip laman Tribunnews.

Aksi baku tembak pun tidak terelakan. “Diduga mereka menggunakan senjata laras panjang soalnya mereka menembak dari jarak jauh,” ucap Agus.

Akibatnya tiga anggota Brimob masing-masing Briptu Ruslan, Briptu Narto, dan Briptu Wayan meninggal dunia dan saat ini berada di RSUD Poso.

Kemudian tiga anggota Brimob lainnya yakni Briptu Siswandi, Briptu Eko, Briptu Lungguh mengalami luka tembak dan saat ini dirawat di Rumah Sakit Parigi, Poso. “Mereka mengalami luka di perut, dada, dan dagu,” ujar Agus.

Sementara Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Boy Rafli Amar menerangkan, salah satu anggota kelompok teroris itu juga sempat merampas senjata milik petugas Brimob yang tertembak. “Senjata yang sempat dirampas jenisnya SS1,” ujarnya seperti dikutip laman Media Indonesia.
Menurut dia, saat ini petugas Brimob yang lain melakukan pengejaran terhadap kelompok tersebut.

Diduga kuat kelompok yang melakukan penembakan tersebut adalah kelompok teroris yang melakukan pelatihan teror di sekitar di pegunungan Koronjobu, Tambarana, Poso, Sulawesi Tengah.

Pasalnya, pada saat penyergapan di tempat pelatihan mereka pada Rabu (12/12/2012), puluhan orang berhasil melarikan diri dan hanya satu orang yang berhasil ditangkap. (sf)

Sumber: Lazuardi Birru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar