Kamis, 07 Maret 2013

Pendidikan Islam Harus Tekankan Nilai Universal Islam






Pendidikan Islam jangan sekedar ritualitas masjid dan sejenisnya, melainkan harus ditekankan pada nilai-nilai universal yang ada pada Islam. Hal ini dikemukakan Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta, Dr. Imam Sukardi, M.Ag  saat acara wisuda ke-XXVI IAIN di Gedung Graha IAIN Surakarta, Jawa Tengah, Kamis (7/3/2013).

“Peradaban Islam penting dibangun melalui pembangunan pendidikan Islam. Islam sesungguhnya bukan sekedar agama yang mengajarkan hubungan manusia dengan Tuhannya, tetapi juga merupakan peradaban yang dapat menuntun manusia pada urusan dunia dan pengabdian kepada Tuhan,” kata Imam.

Imam menjelaskan peradaban Islam dibangun atas empat pilar dasar, yaitu universitas, tauhid, seimbang dan akhlak. Selain itu, peradaban Islam adalah peradaban abadi yang bersifat universal. Sehingga semua manusia dapat menerima secara logika. Sedang sumber orisinil dalam peradaban Islam adalah wahyu.

“Untuk itu, proyek pembangunan peradaban Islam tidak dapat dilakukan hanya melalui satu dua bidang kehidupan. Namun, juga mesti melalui proses bersinergi, simultan dan konsisten,” ujarnya.[as]

Sumber: okezone

Tidak ada komentar:

Posting Komentar