Senin, 04 Maret 2013

Masyarakat Jogja Dorong Serangan Umum 1 Maret Jadi Peringatan Nasional



Paguyuban Wehrkreis Daerah Perlawanan III dan Pemerintah Kota Yogyakarta terus mendorong agar peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949 bisa menjadi peringatan nasional.
"Seluruh masyarakat Yogyakarta harus bisa menunjukkan semangat dan konsistensi memperingati peristiwa Serangan Oemoem (SO) 1 Maret agar peristiwa itu bisa diperingati secara nasional," kata Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti usai menjadi pemimpin upacara SO 1 Maret di Yogyakarta, Jumat, (1/3).

Ia mengatakan SU 1 Maret pantas diperingati, karena memiliki dampak secara nasional bahkan internasional, karena dengan peristiwa tersebut dunia mengetahui bahwa Indonesia masih berdiri.

Haryadi menegaskan, Pemerintah Kota Yogyakarta akan mengikuti proses yang dibutuhkan untuk bisa memperoleh rekomendasi agar peristiwa tersebut bisa menjadi hari nasional.

"Sembari proses itu dijalankan, diperlukan upaya untuk terus membangkitkan semangat agar peringatan ini tidak hanya bersifat rangkaian peringatan saja," katanya.
Ia juga mengingatkan bahwa peristiwa sejarah adalah bagian dari eksistensi manusia yang tidak hanya untuk diketahui tetapi dipahami oleh seluruh masyarakat.

"Peristiwa sejarah bisa membangkitkan semangat cinta tanah air dan menggugah rasa nasionalisme untuk mencintai Yogyakarta dan Indonesia sebagai penghormatan perjuangan bangsa," katanya yang menyebut perjuangan bangsa menuju kesejahteraan masih sangat panjang.

Sementara itu, Ketua Peringatan SO 1 Maret, Soedjono mengatakan bahwa upaya agar peringatan SO 1 Maret bisa diperingati secara nasional telah dilakukan sejak 2012. "Proses untuk membawa peringatan SO 1 Maret menjadi peringatan secara nasional memang tidak mudah," katanya.

Saat ini, Paguyuban Wehrkreis Daerah Perlawanan III telah menyebarkan kueisioner untuk mengetahui pendapat masyarakat secara luas tentang peristiwa pertempuran enam jam itu. "Kami ingin mengetahui apakah peristiwa tersebut hanya keinginan dari pemerintah, paguyuban atau juga mendapat dukungan dari masyarakat luas," katanya. [Mh]


Sumber: Antaranews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar