Kamis, 07 Maret 2013

20 Film Edukasi Siap Tayang di Bioskop Keliling






Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah memilih 20 film Indonesia yang mengandung nilai-nilai pendidikan, budaya dan cinta tanah air untuk ditayangkan di Bioskop Keliling yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Di antara film yang akan ditayangkan adalah Petualangan Sherina, Garuda di Dadaku, Laskar Pelangi, Lima Elang, Darah garuda. Film-film tersebut telah dibeli hak siarnya untuk ditayangkan di Bioskop Keliling.

Kepala Sub Bagian Kerjasama Sekretariat Ditjen Kebudayaan Yayuk Sri Budi Rahayu mengatakan saat ini Bioskop Keliling sedang dalam tahap uji coba dan simulasi. "Nanti setelah tahap uji coba berjalan lancar, akan diserahkan ke UPT Kebudayaan yang ada di daerah," ujar Yayuk saat simulasi pemutaran film Bioskop Keliling di SMP Negeri 41 Jakarta Selatan, Kamis (8/3/2013).

Sekedar informasi, Bioskop Keliling diluncurkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, di Jakarta, 28 Desember 2012. Nuh mengatakan, ada empat hal yang menjadi latar belakang Bioskop Keliling penting sebagai bagian dari layanan pendidikan dan kebudayaan. Pertama, tidak semua anak-anak didik maupun masyarakat Indonesia dapat menikmati produk-produk yang berupa film, dimana film-film tersebut sudah terseleksi baik dari sisi nilai maupun sinematografi. 

Kedua, seiring dengan bergabungnya Ditjen Kebudayaan ke dalam Kementerian Pendidikan Nasional, menjadi tugas Kemdikbud untuk mengembangkan perfilman di Indonesia. Ketiga, Bioskop Keliling dapat diintegrasikan dengan TV Edukasi yang telah dimiliki Kemdikbud. Keempat, Bioskop Keliling ini dapat dimanfaatkan sebagai sarana mengkomunikasikan kebijakan pendidikan dan kebudayaan kepada masyarakat.[as]

Sumber: kemdiknas.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar