Rabu, 06 Maret 2013

Presiden Minta Pelajar Kembali ke Tanah Air





Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta kepada para pelajar atau mahasiswa Indonesia di Jerman untuk kembali dan membangun tanah air.

"Selamat belajar ya? Ditunggu kedatangannya di Indonesia kalau sudah selesai (belajar-red)," kata Presiden SBY kepada para pelajar Indonesia di Jerman yang menyambutnya saat secara simbolis memasuki Kota Berlin, Selasa waktu setempat.

"Pasti Pak, kami pasti pulang," jawab para pelajar beramai-ramai.
Menurut Presiden seseorang mau menetap di luar negeri atau kembali ke tanah air adalah hak/pilihan seseorang. Jika memilih menetap di luar negeri, kata Presiden diharapkan tidak melupakan tanah air.
“Saya tidak memaksa para mahasiswa untuk tetap di luar negeri setelah lulus atau kembali ke Indonesia. Meski begitu para mahasiswa diharapkan dapat terus berpikir apa yang dapat diberikan untuk Indonesia,” ujarnya.

"What can you do for Indonesia, apakah membangun network, membikin jembatan investasi, berkontribusi pemikiran, itu sudah pahlawan. Yang penting tetaplah berkontribusi kepada negara kita. Tetapi kalau suatu saat negara memanggil seperti Pak Habibie yang dipanggil ya kembalilah," harapnya.

Di masa lalu, Indonesia juga memiliki seorang pelajar istimewa di Jerman yang kembali ke tanah airnya seusai belajar dan berhasil menjadi orang nomor satu di Indonesia di era reformasi. Ia adalah BJ Habibie yang dilantik sebagai Presiden ketiga Indonesia seusai jatuhnya Orde Baru.

Puluhan pelajar Indonesia di Jerman itu menyambut Presiden Susilo Yudhoyono dan Ibu Ani Yudhoyono yang secara simbolis memasuki Kota Berlin dengan berjalan kaki dari Platz Des 18 Marz melalui Brandenburger Tor menuju Pariser Platz.

Sumber: antara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar