Selasa, 21 Januari 2014

Selamatkan Generasi Muda dari Narkoba




Generasi muda adalah masa depan bangsa, kerusakan generasi muda akibat penyalahgunaan narkoba adalah penghancuran terhadap masa depan bangsa dan negara. Karena itu, generasi muda harus diselamatkan dari bahaya narkoba.

Hal itu dikatakan Direktur Diseminasi Informasi Deputi Pencegahan Badan Narkotika Nasional (BNN), Gun Gun Siswadi di Jakarta.

“Perlu ada pengetahuan kepada pelajar tentang bahaya narkoba. BNN telah memberikan penyuluhan kepada siswa-siswi sekolah,” ujarnya di Jakarta, Senin (20/1/2014).

Menurut dia pemberian informasi untuk pemahaman bagi generasi muda akan bahaya narkoba tidak hanya tugas dan tanggung jawab BNN tapi juga masyarakat dan orang tua. Pihaknya menghimbau kepada masyarakat luas, agar bersama-sama menjaga anak-anak kita dari penyalahgunaan narkoba.

Kasi Media Layar Lebar dan Elektronik dari Deputi Bidang Pencegahan BNN, Diah Hariani menambahkan, BNN tak henti-hentinya melakukan kampanye bahaya penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar. Sebab, kaum pelajar saat ini lebih mudah dimasuki oleh para pengedar narkoba. Menurut dia kejahatan narkoba sudah memasuki dalam dunia pendidikan, bahkan merebak ke Sekolah Menengah Pertama (SMP).

“Penyuluhan sangat diperlukan sekali bagi kalangan pelajar tentang bahaya penyalahgunaan narkoba. Sebab, jika seseorang sudah kecanduan maka akan mengalami disorientasi. Kami melakukan sosialisasi, memberikan pembekalan bahaya narkoba sejak dini, terutama bagi pelajar perempuan," ujarnya.

Kasubdit Media Elektronik Deputi Bidang Pencegahan BNN, Kombes Pol Chotidjah mengatakan pelajar adalah kelompok yang paling rawan penyalahgunaan narkoba. Hal ini terjadi karena emosi remaja masih labil dan rasa ingin tau mereka tinggi.

Menurutnya, upaya pencegahan yang bisa dilakukan adalah mendorong peran serta orangtua, keluarga dan guru agar lebih memahami karakter dan menjadikan anak sebagai sahabat.

"Orang tua harus tahu anaknya bergaul dengan siapa dan kemana dia pergi," ujarnya.

Chotidjah mengatakan, keluarga adalah lingkungan pertama dan utama dalam membentuk dan mempengaruhi keyakinan, sikap dan perilaku seseorang terhadap penggunaan narkoba.
Oleh karena itu, keluarga memiliki peran yang sangat penting untuk mencegah atau menghindarkan anak dari penyalahgunaan narkoba.

"Hanya keluarga yang mempunyai ketahanan, yakni keluarga bahagia dan sehat yang mampu mengeliminasi kemungkinan anggota keluarga (terutama anak) untuk tidak terjebak narkoba," tutupnya.[as]

Sumber: JPNN, Inilah, Okezone

Tidak ada komentar:

Posting Komentar