Kamis, 09 Januari 2014

Masjid Didorong Buka Akses Bank




Dewan Masjid Indonesia (DMI) mendorong masjid membuka akses bagi bank-bank syariah. Saat ini sudah ada beberapa masjid yang membuka kantor bank syariah di dalamnya seperti Masjid Pondok Indah yang bekerja sama dengan Bank Muamalat dan Masjid Asy-Syifa RSCM yang bermitra dengan Bank Syariah Mandiri.
Sekretaris Bidang Dakwah DMI Ahmad Yani mengatakan keberadaan bank dapat membantu aktivitas ekonomi di masjid, baik dalam bentuk kegiatan penyimpanan uang maupun pemberian modal usaha.
“Kami juga meminta bank syariah berinisiatif menjalin hubungan dengan masjid yang diinginkan,” kata Ahmad, Selasa (7/1/2014).
Yani mengaku membuka kantor kas bank syariah di masjid memang tidak mudah. Padahal tahun lalu, Ketua Umum DMI Jusuf Kalla meluncurkan program 1.000 bank syariah berkantor di masjid untuk menopang kegiatan ekonomi. Tapi, ternyata masih belum tercapai.
“Butuh proses perizinan pembukaan dan kesiapan pengurus masjid. Kedua belah pihak bisa bersepakat mengenai perizinan. DMI siap menjembatani mereka untuk bertemu dan menumbuhkan bank-bank syariah di masjid,” ujarnya.
Dia mengatakan meski belum semua masjid memiliki kantor untuk bank syariah, tapi banyak masjid yang sudah mengembangkan bisnis. Ada yang memulai usaha dalam bentuk koperasi, warung, menyewakan kios, dan pemasaran produk potensial milik jamaah.[as]
Sumber: Republika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar