Senin, 13 Januari 2014

Hilangkan Stigma Islam Agama Kekerasan




Stigma Islam sebagai agama kekerasan dan mendukung terorisme harus dihilangkan. Karena, stigma itu sangat merugikan Islam.
Pernyataan tersebut ditegaskan Menteri Agama Suryadharma Ali saat meresmikan pengalihan status Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Ternate menjadi Istitut Agama Islam Negeri (IAIN) Ternate di Ternate, Jumat (10/1/2014).
"Islam justru agama yang menentang kekerasan dan menimbulkan perdamaian," tegas Suryadharma.
Dia mengatakan seluruh umat Islam harus menjadi barisan terdepan untuk menghilangkan stigma negatif mengenai Islam. Menurut dia caranya dengan terus memberikan pemahaman kepada berbagai pihak bahwa Islam adalah agama yang menentang kekerasan dan mengedepankan perdamaian.
“Pascatragedi menara kembar WTC di New York, banyak ilmuan nonmuslim mempelajari Alquran. Ternyata mereka tidak menemukan satu kata pun dalam Alquran tentang kekerasan atau tindakan lainnya yang dapat merugikan orang lain,” ujarnya.
Menurut dia banyak pula ilmuan lain yang mempelajari Alquran dan justru kemudian mereka memeluk Islam setelah melihat kebenaran dalam Alquran itu.
''Kalau mereka menemukan dalam Alquran bahwa mengizinkan tindakan kekerasan atau terorisme, pasti tidak mungkin mau memeluk Islam,'' katanya.[as]
Sumber: Republika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar