Kamis, 09 Januari 2014

Kemajemukan Indonesia Harus Dijaga




Persatuan dan kesatuan NKRI merupakan keniscayaan yang harus ditegakkan. Karena bangsa Indonesia sangat majemuk. Indonesia dihuni oleh lebih dari 312 kelompok etnis, 1.128 suku bangsa, terdapat 665 bahasa daerah, 6 agama besar dunia, dan agama-agama kecil.
“Pluralisme Indonesia harus dijaga selamanya. Kemajemukan adalah kekuatan Indonesia. Banyak orang mengatakan Indonesia bangsa yang ajaib karena keberagaman,” kata Gubernur Sulawesi Utara Sinyo Harry Sarundajang di Jakarta, Rabu (8/1/2013).
Menurut dia Pancasila menjamin eksistensi kemajemukan bangsa Indonesia karena itu kita harus mampu merawat kerukunan. Menjaga kemajemukan, kata dia, merupakan salah satu tantangan Indonesia ke depan.
“Walau ekonomi kita maju dan industri berkembang pesat, tapi jika masalah kemajemukan tidak selesai, maka bisa menjadi pemicu kita mundur kembali. Indonesia ke depan adalah Indonesia yang harus mampu merawat kerukunan,” ujarnya.
Dia lantas mengungkapkan bagaimana menyelesaikan konflik agama yang pernah terjadi di Maluku. Kala itu, dia dipercaya sebagai pejabat Gubernur Maluku pada tahun 2000.
“Konflik di Maluku dipicu provokator yang membawa konflik sosial ke agama. Semestinya tidak seperti itu. Saya lakukan pendekatan dari hati ke hati. Kalau nuraninya disentuh akan jadi baik, pasti berubah,” ungkapnya.[as]
Sumber: Beritasatu.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar