Rabu, 15 Januari 2014

Pendidikan Islam Bentuk Generasi 'Ulul Albab'




Pendidikan berbasis agama sejak dini merupakan usaha yang dilakukan untuk mewujudkan generasi yang Ulul Albab, yaitu generasi yang mengingat Tuhannya dimanapun dia berada, sehingga bisa mengerti hal apa saja yang sudah diciptakan oleh Allah SWT.
Hal itu dikatakan Wakil Gubernur Jawa Timur  Saifullah Yusuf saat membuka Student Islamic Fair (SIF) Tahun 2014 di Surabaya, Jatim, Selasa (14/1/2014).
“Sasaran sekolah-sekolah Islam adalah menciptakan generasi yang Ulul Albab yang dalam bahasa modern adalah orang yang mempunyai kecerdasan intelektual,” kata Saifullah.
Dia menjelaskan bahwa di dalam kitab suci Alquran sudah diterangkan generasi yang hebat atau unggul selain memiliki kecerdasan intelektual juga harus ditunjang penampilannya. Penampilan ini meliputi kebersihan badannya, kerapian, dan kesehatannya.
Selain itu, kata Saifullah, generasi yang bisa jadi pemenang juga harus mempunyai rejeki yang barokah. Rejeki barokah adalah rejeki yang bisa memenuhi kebutuhannya.  “Tidak akan ada gunanya jika seseorang itu pintar, gagah, sehat, rejeki yang ia peroleh banyak tetapi tidak barokah,” ujarnya.
Lebih lanjut Saifullah mengatakan, faktor terakhir merupakan yang terpenting yaitu memiliki akhlak yang baik (akhlakul karimah). Karena banyak kasus yang sekarang ini sering terjadi orang kaya tidak bisa bersyukur atas harta yang dimiliki.
Orang pandai mempergunakan kepandaiannya untuk hal yang tidak baik, ini semua terjadi karena mereka tidak mempunyai pegangan agama yang kuat. Disinilah fungsi dari pentinya pendidikan Islam karena akan memperkuat akhlak baik.
“Akhlakul karimah adalah faktor penyempurna agar kepintaran, kecantikan, kegagahan dan rejeki yang dimiliki bisa berfungsi secara maksimal,” tuturnya.
Sumber: Republika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar