Jumat, 24 Januari 2014

Guru Agama Harus Beri Teladan Baik




Guru pendidikan agama Islam (PAI) tidak hanya bertanggung jawab memberikan pelajaran atau transfer pengetahuan kepada anak didiknya, melainkan juga harus menjadi teladan berperilaku sehari-hari sesuai dengan nilai-nilai Islam.

"Guru PAI tidak hanya memberi materi agama Islam terhadap peserta didik, tetapi juga memberikan teladan yang baik sesuai dengan tuntunan dan nilai-nilai Islam," kata Kepala Sub-Bidang PAI Sekolah Menengah Pertama Direktorat Pendidikan Agama Islam Sekolah pada Kementerian Agama  Nifasri Moh Nir saat memberikan kuliah umum di Universitas Muhammadiyah Magelang di Magelang, Jumat (24/1/2014).

Ia mengemukakan bahwa perkembangan pendidikan Islam sebagai suatu keniscayaan yang harus diikuti dengan pengembangan kompetensi guru. Dalam hal ini, kata dia, guru PAI yang melibatkan kompetensi personal, sosial, pedagogik, profesional, dan kepemimpinan spiritual.

“Guru PAI secara moral bertanggung jawab terhadap perkembangan pengetahuan, sikap, dan keterampilan anak didik yang berhubungan dengan berbagai materi keagamaan. Oleh karena itu, guru PAI dituntut meningkatkan diri, antara lain dengan mengikuti perkembangan era kesejagatan untuk memberikan jaminan mutu profesi,” ujarnya.

"Yang diikuti dengan keteladanan yang membumi kepada peserta didik," imbuhnya.

Menurut dia tugas dan tanggung jawab yang diembang guru agama tidak mudah. Bahkan, kata dia, tugas dan tanggung jawab guru agama lebih berat dibandingkan guru mata pelajaran lain.

“Sebab guru PAI terkait dengan peserta didik yang memiliki latar belakang keagamaan yang beragam dan permasalahan yang kompleks," katanya.

Sumber: Republika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar