Rabu, 22 Januari 2014

Menteri Kebudayaan Negara Islam Kumpul di Madinah




Puluhan menteri dan wakil pemerintah bidang kebudayaan negara berpenduduk mayoritas muslim  menghadiri konferensi internasional tentang kebudayaan Islam di Madinah, Arab Saudi, Selasa (22/1/2014). Konferensi tersebut diselenggarakan oleh ISESCO (Islamic Educational, Scientific and Cultural Organization).

Dalam forum itu, para menteri dan wakil pemerintah saling berbagi pengalaman dan pandangan tentang kebudayaan Islam. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia Mohammad Nuh turut hadir dan menjadi pembicara dengan tema strategi kebudayaan gaya Wali Songo.

Nuh mengatakan penggunaan wayang oleh Sunan Kalijaga merupakan salah satu konvergensi kebudayaan antara Islam dan tradisi lokal.

“Ke depan, strategi kebudayaan yang cocok untuk masyarakat majemuk itu perlu dikembangkan. Di Indonesia hal itu dilakukan melalui kurikulum 2013,” ujarnya di Madinah, Selasa (22/1/2014).

Dalam forum itu, Nuh juga menjelaskan mengenai World Culture Forum (WCF),  serta mengundang mereka untuk datang ke WCF 2015 di Indonesia.

Konferensi ini dibuka secara resmi oleh Gubernur Madinah Munawarah Pangeran Faisal bin Salman bin Abdul Aziz. Ia mengatakan dipilihnya Madinah sebagai tuan rumah sudah tepat karena sejak dulu kota ini memiliki nilai sejarah tinggi dalam peradaban Islam.

ISESCO adalah organisasi yang memberikan perhatian pada bidang pendidikan, kebudayaan, dan ilmu pengetahuan, dan merupakan salah satu badan khusus di bawah Sekjen Organisasi Kerjasama Islam (OKI). Negara anggota ISESCO ada lima puluh negara Islam, yang juga merupakan negara anggota OKI, serta tiga negara observer, yaitu Thailand, Turkish Republic of Nothern Cyprus, dan Rusia.

Sumber: Kemdikbud, Republika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar