Kamis, 09 Januari 2014

Mekanisme Isi PDSS SNMPTN Seperti Tahun Lalu




Sekolah tidak perlu bingung dalam pengisian data PDSS (pangkalan data sekolah dan siswa) karena mekanismenya sama dengan tahun lalu. Sekolah yang sudah mendaftar di PDSS SNMPTN 2013, tidak perlu melakukan registrasi atau pendaftaran kembali.
Hal itu dikatakan Ketua Umum Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2014 Ganjar Kurnia menjawab sejumlah sekolah di berbagai daerah yang mengeluhkan minimnya sosialisasi pendaftaran SNMPTN 2014.
Menurut Ganjar sekolah-sekolah yang sudah mendaftar PDSS tahun lalu, saat ini tinggal mengentri data rapor siswa kelas XII yang akan mendaftar SNMPTN 2014.
“Sekolah tidak perlu bingung dalam mengisi PDSS SNMPTN 2014 ini. Sebab sama seperti tahun lalu cara pengisiannya. Tidak ada yang berubah," ujarnya.
Ganjar mengatakan potensi ada sekolah yang bingung dalam pendaftaran atau entri data PDSS tetap ada. Untuk itu dia menyarankan sekolah-sekolah yang membutuhkan informasi detail, bisa menghubungi PTN terdekat.
“Di masing-masing PTN yang menyelenggarakan SNMPTN sudah memiliki petugas informasi. Nomor kontak teleponnya sudah terpampang detail di website SNMPTN 2014," ujarnya.
Ia mengemukakan potensi persoalan yang bakal muncul dalam pengisian PDSS SNMPTN 2014 adalah akses internet. Pasalnya, belum semua SMA di Indonesia memiliki sambungan internet. Untuk mengatasi hal itu, pihaknya menggandeng PT Pos.
"Umumnya kantor PT Pos sudah tersebar hingga di kecamatan-kecamatan dan memiliki akses internet. Sekolah-sekolah yang belum memiliki sambungan internet, bisa melakukan pendaftaran atau pengisian data rapor di PDSS melalui internet kantor PT Pos,” tuturnya.
Ia mengingatkan bahwa biaya seluruh rangkaian pendaftaran SNMPTN 2014 ditanggung pemerintah pusat. Karena itu, siswa tidak dipungut biaya apapun.[as]
Sumber: JPNN.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar