Senin, 06 Januari 2014

Di Irlandia Islam Akan Jadi Agama Terbesar Kedua




Islam diprediksi akan menjadi agama terbesar kedua di Irlandia setelah Katholik pada 2043 atau 30 tahun mendatang. Hal itu lantaran adanya pertumbuhan penduduk dan arus imigrasi yang dramatis. Menurut Kantor Pusat Statistik Irlandia bahwa saat ini Islam merupakan agama yang paling cepat berkembang di negara itu.
Populasi umat Muslim di sana meningkat 10 kali lipat dalam dua dekade. “Penduduk Irlandia yang beragama Islam naik dari 0,1 persen pada 1991, menjadi 1,1 persen dari keseluruhan populasi pada 2011,” tulis laporan tersebut, seperti dilansir World Bulletin, Senin (30/12/2013).
Angka di atas belum lagi termasuk penduduk asli Irlandia yang berpindah keyakinan menjadi Muslim. Sensus tersebut mengklaim, pertambahan penduduk yang dicatat itu baru berdasarkan angka kelahiran dan imigrasi saja.
Pusat Daerah Clongriffin, sebelah utara Ibu Kota Dublin, akan menjadi kompleks agama Islam terbesar di negara itu dan juga akan menjadi sebuah pusat budaya utama yang membanggakan. Di daerah tersebut akan dibangun masjid terbesar di Irlandia.
Pembangunan kompleks masjid memakan biaya lebih dari Rp 661 miliar. Kompleks masjid akan mampu menampung lebih dari 3.000 orang dan akan memiliki dua buah menara, sebuah musala, sebuah pusat kebudayaan, perkantoran, toko buku, sebuah perpustakaan, sebuah kamar jenazah, sebuah tempat penitipan bayi, sebuah pusat kegiatan dengan 600 kursi, sekolah, sebuah pusat kebugaran, dan blok apartemen.
Seluruh kompleks akan memiliki ukuran seluas 5.573 meter per segi dan dapat menampung 600 jamaah untuk melaksanakan salat Jumat.
Sumber: Republika, Merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar