Senin, 13 Januari 2014

Sekolah Kena Banjir Boleh Libur




Hujan deras yang mengguyur ibu kota Jakarta dari kemarin hingga hari ini tidak hanya membuat pemukiman warga terendam banjir, tapi sejumlah sekolah pun ikut terendam banjir. Akhirnya, kegiatan belajar mengajar di sekolah yang terkena banjir diliburkan.
Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taufik Yudi Mulyanto mengatakan saat ini  tercatat ada empat sekolah di Jakarta yang terkena banjir. Empat sekolah yang terkena dampak banjir itu adalah SMA Negeri 8 Bukit Duri, SMA Negeri 60 Jalan Bangka, SMP Negeri 124 Jalan Bangka, dan SMA Negeri 9 Kebon Pala, Jakarta Timur.
"Jika mengharuskan peserta didik belajar di rumah, para guru agar memberi tugas, memonitor dan menagih tugas-tugas tersebut saat situasi sudah pulih dari banjir," katanya di Jakarta, Senin (12/1/2014).
Melihat cukup banyak sekolah yang terkena banjir maupun akses jalan menuju sekolah tertutup banjir, Taufik pun sudah mengeluarkan beberapa instruksi kepada kepala sekolah. Ia mengimbau kepala sekolah memonitor perkembangan berita tentang kondisi ibu kota melalui berbagai sumber berita dari waktu ke waktu.
Kepala sekolah juga diimbau menyelamatkan barang-barang dan dokumen berharga yang ada di sekolah serta antisipasi penggunaan listrik untuk mencegah korsleting yang bisa mengakibatkan kebakaran.
Dia juga mengimbau suku dinas pendidikan di lima wilayah ibu kota untuk mengingatkan semua kepala sekolah negeri dan swasta yang langsung terkena banjir, aksesnya kebanjiran, atau tidak terkena banjir sama sekali, mengantisipasi dan waspada terhadap berbagai hal yang terjadi.
“Apabila diperlukan oleh masyarakat setempat, sekolah dapat dialihfungsikan menjadi pengungsian sementara. Semua jajaran agar melakukan piket dan pemantauan dengan sebaik-baiknya," kata Taufik.[as]
Sumber: Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar