Kamis, 27 Desember 2012

Siskamling Dapat Mencegah Terorisme


Polda Sulawesi Utara (Sulut) minta kepada setiap daerah untuk melaksanakan keamanan dan ketertiban (kamtib) secara gotong royong atau mapalus mulai dari tingkatan terkecil sebagai antisipasi terorisme. Sistem keamanan lingkungan (siskamling) harus diaktifkan kembali.

Demikian Direktur Bimbingan Masyarakat Polda Sulut Kombes Toto Kasmiarto sampaikan kepada para peserta penyuluhan antisipasi dan cegah dini terorisme di Kantor Bupati Bolmong, Lolak, Senin (3/12/2012). Menurutnya siskamling efektif untuk menangkal gangguan keamanan dan ketertiban.

“Setiap pimpinan wilayah di desa juga turut bertanggung jawab atas upaya pencegahan dini terhadap masuknya terorisme di wilayah Bolmong dan Sulut pada umumnya,” ujar Toto menegaskan tentang peran pimpinan di desa.

AKBP Jufri SH Kepala Sub Dit Binpolmas Direktorat Binmas Polda Sulut, yang mendampingi Toto pada penyuluhan tersebut ikut menjelasjan tentang Peraturan Kepala Polri Nomer 23 Tahun 2007 tentang sistem keamanan lingkungan (siskamling). Dia kembali minta peran warga untuk tangkal dini terorisme.

Pemerintah Kabupaten Bolmong melalui Asisten Satu Chris Kamasaan menyambut baik penyuluhan pencegahan antiterorisme ini. “Penyuluhan ini mampu memberikan gambaran serta tindakan nyata bagi upaya masuknya gerakan teroris di daerah Bolmong,” kata Chris saat memberikan sambutan.

Chris berharap seluruh jajaran aparat desa bekerjasama dengan aparat keamanan. Koordinasi antara keduanya yang terlibat dalam mapalus kamtibmas untuk mengantisipasi dan mencegah secara dini munculnnya terorisme. (sq)


Sumber: Lazuardi Birru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar