Jumat, 28 Desember 2012

Muhammadiyah Gelar Konferensi Riset Internasional Non-Politik








Semenjak kemarin, 2 Desember 2012, Muhammadiyah menggelar konferensi penelitian internasional. Menurut Prof Dr Azyumardi Azra, International Research Conference on Muhammadiyah (IRCM) merupakan konferensi science non-politik terbesar. “Bukan hanya di Indonesia, mungkin juga di dunia,” kata mantan rektor UIN Syarif Hidayatullah ini yang sekaligus menjadi Ketua Steering Committee acara tersebut.
Salah satu bahasan dalam konferensi penelitian internasional ini adalah isu-isu keberagamaan, demokrasi, nasionalisme dan civil society. Termasuk juga isu multikulturalisme di tubuh Muhammadiyah.

Dalam sambutannya, ketua umum PP Muhammadiyah, Prof Dr Din Syamsuddin, menyatakan melalui IRCM ini juga Muhammadiyah bisa mengamati dinamika eksternal yang terjadi agar Muhammadiyah tetap menjadi gerakan Islam moderat dan bukan Islam radikal.

Hadir dalam pembukaan, Gubernur Jawa Timur Dr. Soekarwo, ketua umum PP Muhammadiyah, Prof Dr Din Syamsuddin, mantan ketua PP Muhammadiyah, Prof Dr Syafii Maarif. Selain itu, acara juga disaksikan oleh Konjen AS di Surabaya, Konjen China di Surabaya, perwakilan kedutaan Australia, serta Deputi Menteri Pendidikan Thailand, serta para rektor Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM). [Mh]


Sumber: Lazuardi Birru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar