Kamis, 06 Desember 2012

3 Terduga Teroris Poso Ditahan di Polda Sulteng


Tiga terduga teroris berinisial, SH,32; MF, 27; dan MZ alias M, 25 yang ditangkap pada Minggu (25/11) dinihari sekitar pukul 03.00 Wita oleh Satuan Reskrim Polres Tojo Una-una (Touna), Sulawesi Tengah (Sulteng) di Kota Ampana, Ibu kota Tojo Una-una, kini diamankan di Mapolda Sulteng.

Mereka dipindahkan ke Mapolda Sulteng untuk proses pemeriksaan lebih lanjut, setelah sebelumnya menjalani pemeriksaan di Mapolres Touna.  ”Mereka tiba dari Touna Senin (26/11) siang sekitar pukul 11.00 Wita,” kata Wakil Direktur Reskrimum Polda Sulteng, AKBP Dicky kepada wartawan, Selasa (27/11).

Saat ditanya sejauh mana perkembangan penanganan kasus tersebut, Dicky belum bersedia berkomentar. Alasannya pihak Polda Sulteng baru menerima laporan dari Polres Touna. Selain itu, ketiga terduga baru tiba kemarin dan belum menjalani pemeriksaan.

Ketiga terduga tororis ditangkap dalam sebuah operasi penyergapan di salah satu rumah di Jalan Mohammad Hatta Kota Ampana, Ibu Kota Kabupaten Touna. Dalam penangkapan tersebut, polisi juga berhasil menyita dan mengamankan sejumlah barang bukti.

Dari ketiganya polisi berhasil menyita barang bukti berupa dua unit sepeda motor tanpa plat nomor kendaraan, satu unit laptop, serta cairan yang diduga sebagai campuran pembuat bahan peledak.
Dalam bagasi salah satu sepeda motor itu, polisi juga menemukan satu pucuk senjata api laras pendek jenis revolver, lima butir amunisi, serta selebaran berupa tantangan berperang terhadap anggota Densus 88 Antiteror Mabes Polri, dan sejumlah buku berisi perintah ajakan untuk berjihad.

Dari pengembangan penyidikan yang dilakukan sementara oleh polisi, ketiganya juga diketahui sebagai pelaku spesialis aksi pencurian kendaraan bermotor di wilayah Sulteng.
Kapolda Sulteng Brigjen Pol Dewa Parsana menyebutkan ketiga orang itu ditengarai berasal dari Malino, sebuah kawasan transmigrasi di Tojo Una-una. Mereka diduga melarikan diri saat operasi penegakkan hukum di wilayah Tamanjeka dan Uweralulu, Kecamatan Poso Pesisir, Kabupaten Poso. (sf)

Sumber: Lazuardi Birru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar