Rabu, 12 Desember 2012

Dakwah Islam Melibatkan Permberdayaan Sosial

Syiar Islam luas cakupannya. Tidak hanya pada teritori ritual-ritual semata namun juga menyinggung dimensi amaliah lainnya. Dalam kontek amaliah yang merupakan bagian dari dakwah Islam adalah terkait dengan pengembangan dan pemberdayaan masyarakat muslim dalam segala bidang seperti pendidikan, sosial, budaya dan ekonomi.

Wilayah semacam itulah yang tampaknya kurang digarap secara serius oleh umat Islam. Kebanyakan muslim terpikat dengan tema-tema ritual privat. Dakwah seakan mengurusi bagaimana cara wudhu, sholat dan puasa yang benar. Sementara problem-problem semisal ekonomi yang diidap umat muslim kurang ditanggapi.

Padahal jika model dakwah yang lebih memprimasikan ritual privat terus berlangsung, solidaritas umat Islam tak kunjung menguat. Di samping itu juga wilayah ritual privat ini hanya akan memperuncing perbedaan dan konflik. Mengingat dalam Islam banyak sekali aliran-aliran yang memiliki singularitas tersendiri.

Menurut HM.Yunus Kadir,Wk.Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Selatan, gerakan dakwah amar ma’ruf nahi mungkar dapat disalurkan ke dalam dunia pendidikan, ekonomi, kesehatan, sosial, budaya, dan pembardayaan masyarakat petani dan nelayan. [Mh]

Sumber: Lazuardi Birru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar