Jumat, 07 Desember 2012

Aktivis LSM Prihatin Atas Maraknya Kekerasan Terhadap Polisi


Ketua Aliansi Demokrasi Untuk Papua (ALDP) Latifah Anum Siregar prihatin dengan masih berlanjutnya aksi kekerasan terhadap polisi yang terjadi di Mapolsek Pirime, Kabupaten Lany Jaya, Selasa (27/11) dinihari hingga menewaskan tiga anggota Polri.

“ALDP sangat prihatin dengan masih terus berlanjutnya aksi kekerasan yang saling membalas karena akibat dari peristiwa itu akan kembali membuat situasi tidak aman. Teror ketakutan menyebar dimana-mana,” kata Latifah di Jayapura, Rabu (28/11).

Latifah berharap pihak kepolisian mampu mengungkapkan pelaku penembakan dan pembakaran di Mapolsek tersebut dengan cara yang profesional dan terukur.

“Polri harus mengungkap dan menangkap para pelaku tersebut dengan cara yang profesional, tidak membuat warga sekitar merasa takut dan yang tidak bersalah menjadi korban,” katanya.
Penyerangan dilakukan oleh sekitar sepuluh orang dan juga melakukan pembakaran yang menyebabkan tiga personel Polri yakni Briptu Daniel Makuker, Brigpol Jepri Rumkorem, dan Kapolsek Pirime, Ipda Rofli Takubesi.

Di sisi lain, dari Jayapura dikabarkan satu anggota polisi yang bertugas di Polsek Pirime, Kabupaten Lanny Jaya, dikabarkan selamat, yakni Briptu MG.
Kabid Humas Polda Papua Ajun Komisaris Besar Gede Sumerta membenarkan hal tersebut. Namun, ia mengaku belum mengetahui dengan pasti kondisi terakhir Briptu MG. “Saya belum mengetahui dengan pasti kondisi anggota yang selamat dari insiden tersebut,” kata Gede Sumerta. (sf)

Sumber: Lazuardi Birru

1 komentar:

  1. Kekerasan terhadap polisi yang merupakan aparat penegak hukum secara akal sehat SUNGGUH-SUNGGUH tidak bisa ditolerir dan dibenarkan akal sehat dan hati nurani manusia. Kalaulah aparat penegak hukum yang berupaya mengayomi dan melindungi masyarakat jelata dizalimi dengan kekerasan, maka kemana lagi masyarakat jelata berani 'mempertaruhkan' keamanan dan kenyamanan hidup mereka. Kejadian tersebut telah beberapa kali terulang dalam beberapa bulan terakhir. Ditambah lagi, barusan ini seperti yg dimuat http://bit.ly/1gdmUKA , sampai-sampai mobil patroli polisi pun dibakar di Kecamatan Pringgabaya, Kabupaten Lombok Timur. Mengerikan moral bangsa yg demikian.

    BalasHapus