Rabu, 12 Desember 2012

Kehadiran Tokoh Muda di Parpol Hadirkan Aura Positif

Beberapa kurun waktu belakangan ini, partisipasi dan keterlibatan generasi muda dalam politik praktis berada dalam kadar yang tinggi. Dapat dilihat tokoh-tokoh muda di parpol seperti Budiman Sudjatmiko, Fadli Zon, Anas Urbaningrum dll. Hadirnya tokoh-tokoh muda dalam perpolitikan nasional dari sudut pandang tertentu memang memberi aura baru yang cukup cerah.

Namun memang keterlibatan kaum muda ini belum dibarengi dengan terbuka lebarnya peluang generasi muda masuk dalam bursa kepemimpinan. Hal ini diungkapkan cendekiawan sekaligus Anies Baswedan.
“Peran pemuda dalam perpolitikan sekarang cukup tinggi sebetulnya, namun untuk menjadi pemimpin yang muda-muda sepertinya belum dapat tempat, makanya partai politik harus memberikan tempat itu,” kata Anies.

Dalam nama-nama kandidat capres dan cawapres 2014 misalnya, banyak di antara parpol yang masih mengandalkan tokoh-tokoh tua. “Hari ini di partai politik memang stok untuk pemilu presiden lebih banyak yang tua, sedangkan yang muda seperti saya katakan tadi, belum mendapat tempat,” tambah Rektor Paramadina ini. [Mh]

Sumber: Lazuardi Birru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar