Senin, 03 Desember 2012

Pesantren Tanamkan Pendidikan Kenegaraan


Pondok pesantren adalah tempat untuk mendidik moral dan rasa cinta tanah air kepada generasi muda. Karena itu, tidak benar kalau pondok pesantren dikabarkan sebagai sarang teroris. Sebab, sebagian besar pondok pesantren modern sudah menanamkan pendidikan kenegaraan.

“Kalau ada pondok pesantren di media yang dikabarkan menjadi sarang teroris, itu perlu ditanyakan apakah pahamnya murni NKRI atau tidak,” ujar Ketua Festival Akbar Santri Jawa Timur 2012 Ahmad Maulana seperti dilaman Antara, Minggu (25/11/2012).

Festival tersebut digelar mahasiswa beasiswa santri Kementerian Agama (CSS Mora) Universitas Airlangga Surabaya. Dalam festival itu digelar aneka lomba antara lain kaligrafi, majalah dinding Islami tiga dimensi, lomba banjari, lomba komik Islami, membaca kitab kuning, dan membaca cerita Islam.

Maulana mengatakan melalui festival ini paradigma keliru tentang santri yang masih ada dalam masyarakat bisa ditepis. Menurutnya, kegiatan ini bertujuan membudayakan persaingan sehat di kalangan pesantren, sehingga mereka punya rasa percaya diri.

Kasi Bidang Pengembangan Santri dari Kanwil Kemenag Jatim Ahmad Fauzan menyatakan sudah selayaknya santri terus berprestasi demi kemajuan bangsa. Ia mengingatkan agar para santri tidak hanya mengembangkan iman dan taqwa namun juga ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Selanjutnya berkiprahlah di bidang keagamaan, ekonomi sosial dan kemasyarakatan serta jadilah generasi pemimpin bangsa yang bermoral,” ujarnya.[wan]

Sumber: Lazuardi Birru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar