Selasa, 04 Desember 2012

Pilpres 2014, Momentum Regenerasi Kepemimpinan Bangsa?



Banyak kalangan menilai Pemilihan Presiden 2014 nanti adalah waktu yang tepat untuk proses regenerasi kepemimpnan bangsa. Artinya pada Pilpres mendatang hendaknya kaum muda turut tampil mencalonkan diri sebagai presiden atau wakilnya.

Wacana capres muda memang sebelumnya cukup menghangat di ranah publik. Namun menurut Forum Keluarga Besar Kesatuan Aksi Pemuda Pelajar Indonesia (KAPPI 1966) hal itu berhenti di level wacana. Dan jika di tahun 2014 nanti hal tersebut terulang kembali, maka akan terjadi proses kemunduran dalam regenerasi.

“Usulan sejumlah partai, seperti Golkar, untuk merekrut cawapres dari kalangan muda harus kita apresiasi untuk memuluskan proses regenerasi di negeri yang kita cintai ini,” kata Ketua Umum FKB KAPPI 1966, Bambang Heryanto.

“Banyak figur berkualitas dari kalangan muda yang potensial dan memiliki pengalaman (track record), baik di masyarakat maupun pemerintahan. Jangan sampai potensi mereka terbonsai karena tidak ada peluang yang diberikan,” tambah Bambang.

Dia menilai sejumlah nama pantas menjadi calon wakil presiden seperti Puan Maharani (PDI Perjuangan), Anies R Baswedan (Rektor Universitas Paramadina), Edhie Baskoro Yudhoyono atau yang dikenal dengan Ibas (Partai Demokrat), Yenni Wahid (PKBIB), Moh Jumhur Hidayat (Kepala BNP2TKI), serta Jeffrie Geovanie (Partai Nasdem).

Tokoh-tokoh muda tersebut, menurut dia, sudah cukup dikenal masyarakat dan terbukti memiliki rekam jejak yang baik. Jika mereka diberi kesempatan untuk tampil, maka pilpres akan lebih dinamis dan mengakomodasi keinginan rakyat. [Mh]

Sumber : Lazuardi Birru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar