Jumat, 07 Desember 2012

Akankah Revolusi Mesir Terulang Kembali?


Cuaca politik Mesir terkini mengingatkan kita pada revolusi 25 Januari 2011 yang melengserkan pemerintahan Hosni Mubarak, ratusan ribu rakyat Mesir tumpek plek di Medan Tahrir untuk menuntut Presiden Mesir yang sekarang mundur dari jabatannya, mereka menganggap Morsi ingin menguasai semua lembaga pemerintahan yang ada di Mesir.
Demonstarasi besar-besaran ini dipicu keputusan Presiden yang pada Kamis (22/11)  mengeluarkan Dekrit Presiden yang memberikan kekuatan mutlak bagi Presiden Morsi dalam mengelola pemerintahan Mesir.

Di samping itu, Dekrit tersebut juga memberikan kekuasaan tak terbatas bagi Morsi dan tak bisa diganggu gugat oleh lembaga manapun juga, termasuk oleh lembaga yudikatif Mesir sendiri.
Keputusan tersebut mendapat kecaman dari para hakim dan para tokoh oposisi, puncaknya Selasa (27/11) kemarin ratusan ribu rakyat Mesir memadati Medan Tahrir, mereka meneriakkan yel-yel yang menuntut Presiden Mesir turun dari jabatannya.
Demontrasi ini dipimpin tiga serangkai kekuatan politik oposisi Mesir, yaitu al-Baradae, Sabahi dan Amru Musa.

Tidak hanya di Kairo, di kota-kota lain pun masyarakat ikut turun ke jalan, seperti Iskandariyah, Mahallah, Aswan, Thanta, al-Minya, Mansurah, Kufru al-Syaikh, Fayyum, Suez dan Syarm al-Syaikh. Demontrasi tersebut dimulai dengan mogok massal para hakim yang memaksa para pimpinan mereka untuk mengadakan rapat darurat dan menolak Dekrit Presiden Morsi.

Sementara itu, pihak kepresidenan dan Ikhwanul Muslimin tetap pada pendiriannya mempertahankan Dekrit Presiden, manta Pemimpin Ikhwanul Muslimin Mahdi Akif menyebut demonstrasi rakyat yang sampai turun ke jalan merupakan hal yang positif. Sedangkan salah seorang mantan anggota dewan komite militer yang memegang kekuasaan pemerintah Mesir sebelum terpilihnya Morsi menyebutkan bahwa, yang terjadi di Mesir sekarang ini sangat berbahaya bagi rakyat Mesir, sebagai solusi, dia meminta Presiden Morsi membatalkan dekritnya tersebut. (Absyaish).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar