Senin, 03 Desember 2012

Dahulukan Ukhuwah Islamiyyah daripada Perbedaan


Berbeda dengan masa-masa Nabi, umat Islam yang eksis hingga saat ini telah terpecah-pecah dalam berbagai macam pemikiran dan ideologi. Memang kondisi seperti ini jauh-jauh hari sudah diramalkan oleh Muhammad SAW itu sendiri. Artinya fenomena berserakannya aliran-aliran Islam bisa jadi merupakan takdir perjalanannya.

Menurut Dr. H. Asep Usman Ismail, MA perpecahan yang terjadi di kalangan umat Islam lantaran egoisme yang lebih berpikir mementingkan kepentingannya sendiri. Bisa dikatakan faktor kepentingan ini berkaitan dengan dimensi kekuasaan atau politik.

Islam mengajarkan bahwa setiap muslim adalah bersaudara. Selebar atau sedalam apapun perbedaan itu, hendaknya satu hal yang harus diingat oleh semua muslim, yaitu bahwa ukhuwah islamiyyah adalah hal yang paling utama.

Senada dengan itu, Ust. H. Bobby Herwibowo, Lc menyatakan bahwa Allah memerintahkan umatnya untuk saling tolong menolong dalam urusan kebaikan dan ketakwaan, bukan sebaliknya. Karena itu, menurut ustad Boby, tidak ada kita mengatasnamakan ukhuwah islamiyyah untuk memusuhi orang lain. [Mh]

Sumber: Lazuardi Birru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar