Selasa, 12 Februari 2013

Tujuh Mapolda Jadi Target Serangan Teroris




Tujuh Markas Kepolisian Daerah (Mapolda) di Indonesia mendapat perhatian khusus dari Mabes Polri lantaran terindikasi menjadi target serangan kelompok teroris. Ketujuh Mapolda tersebut adalah Jawa Timur, Jawa Tengah, DKI Jakarta, Sumatra Utara, Sulawesi Tengah, Sumatra Utara, Bali, dan Maluku.

“Ada sejumlah Polda yang kita beri atensi khusus dan sudah kita masukkan dalam rencana operasi (Renops) agar polisi di kawasan tersebut terus meningkatkan kewaspadaan. Para Kabiro Ops di Polda itu juga telah kita undang ke Mabes Polri dan mendapatkan briefing untuk mengantisipasi ancaman terorisme yang masih berpotensial terjadi,” kata Asisten Operasi Polri, Irjen Pol Badrodin Haiti, Rabu, 12 Desember di Mabes Polri, Jakarta.

Ketujuh Polda itu menjadi perhatian khusus lantaran pengalaman di masa lalu dan kecenderungan saat ini di mana daerah-daerah tersebut menjadi sasaran pengeboman.

“Bahkan kami spesifikkan kota-kota mana saja yang terindikasi akan potensial menjadi sasaran aksi teror itu,” imbuh mantan Kapolda Sumut ini.

Badrodin menambahkan, kekuatan pasukan pengamanan yang akan diturunkan sesuai dengan kemampuan Polda masing-masing. Pengamanan ini, sama seperti tahun sebelumnya. Akan tetap, diberi nama sandi Operasi Lilin yang tahun 2012 ini akan dimulai pada Minggu, 23 Desember hingga Selasa, 1 Januari 2013.

Menjelang perayaan Natal dan tahun baru, ada 38.499 gereja di seluruh Indonesia yang diamankan dalam operasi Lilin. Selain gereja, kata Badrodin, jalan raya, stasiun, terminal, tempat wisata, dan mal juga menjadi perhatian pihaknya. (sf).


Sumber: Lazuardi Birru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar