Senin, 18 Februari 2013

JK: Pendonor Darah adalah Pahlawan Kemanusiaan

 



Ketua Umum Palang Merah Indonesia Muhammad Jusuf Kalla mengatakan bahwa pendonor darah adalah pahlawan bagi kemanusiaan.

“Pendonor darah adalah pahlawan bagi kemanusiaan, yang memberikan miliknya yang paling berharga demi membantu sesama,” ujar Kalla dalam acara temu asih dengan pendonor 100 kali di Balai Sidang Jakarta, Kamis (13/12/2012).

Menurut dia dalam agama dikatakan jika ingin bersedekah maka yang diberikan adalah sesuatu yang paling berarti. “Bukan uang milik yang paling berharga tapi darah,” tukas dia.

Pendonor-pendonor itu, lanjut dia, sudah mendonorkan darahnya sejak muda, minimum telah menjadi pendonor sejak 25 tahun yang lalu. Dia memperkirakan paling tidak pendonor sudah memberikan darahnya sebanyak 30 liter.

“Darah manusia di tubuh hanya lima liter. Jadi paling tidak menyumbangkan enam kali lipat darah di tubuhnya,” jelas dia.

Darah tidak dapat diciptakan bahkan oleh pakar sekalipun. Disebabkan hal itu, kata JK, darah hanya bisa didonorkan. Ia berterima kasih kepada para pendonor yang telah mendonorkan darah mereka sejak muda.
Penghargaan kepada 1.000 pendonor yang telah mendonorkan darahnya 100 kali pada Jumat (14/12) diberikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Ini adalah kali ketiga PMI memberikan penghargaan kepada pendonor darah.

Dalam acara temu asih tersebut, Jusuf Kalla juga memberikan secara simbolis cincin emas kepada perwakilan pendonor dari 14 provinsi.[wan].

Sumber: Lazuardi Birru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar