Jumat, 08 Februari 2013

Generasi Muda Juga Harus Melek Persoalan HAM



Di dunia yang konon sudah beradab ini, pelanggaran atas hak-hak dasar manusia masih saja terjadi. Ini artinya kesadaran akan HAM sebagai sesuatu yang berharga masih sangat lemah. Untuk itu menjadi penting jika segenap elemen yang beradab tersebut mendisseminasikan wacana HAM agar kesadaran publik atasnya semakin meningkat.

Isu HAM bukanlah konsumsi orang tua. Generasi muda juga harus melek dengan persoalan ini. Mengingat generasi muda juga tidak luput menjadi menjadi korban HAM. Kasus-kasus seperti terputusnya akses pendidikan bagi anak, pernikahan dini, jual beli anak adalah salah satu dari sekian problem HAM di kawasan anak-anak muda.

Menurut Soraya Salim, Project Officer Yayasan Pulih, lembaga nirlaba untuk pemulihan trauma dan penguatan psiko-sosial, peningkatan kesadaran HAM pada remaja sangat penditng diupayakan.

“Jika kesadaran meningkat, para remaja ini diharapkan bisa melaporkan ketika mengetahui ada masalah kekerasan atau pelanggaran HAM” kata Soraya.

kesadaran semua pihak atas HAM nantinya diharapkan dapat mendeteksi pelanggaran-pelanggaran yang tidak terdeteksi radar pemerintah atau lembaga-lembaga lainnya yang berkonsentrasi pada isu HAM. Dengan demikian ruang untuk pelanggaran HAM semakin menyempit. [Mh].



Sumber: Lazuardi Birru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar