Jumat, 08 Februari 2013

Terorisme Kejahatan yang Harus Dilawan



Koordinator KontraS, Haris Azhar mengatakan, terorisme merupakan kejahatan yang harus dilawan. Karena hal ini sangat mengganggu kelangsungan keamanan dalam berbangsa dan bernegara. “Terorisme ini adalah salah satu model kekerasan yang jadi problem bangsa saat ini,” kata Haris pada Lazuardi Birru, di Jakarta.

Menurut dia, negara harus tegas dalam menghadapi masalah ini. Selain itu, penanganan terorisme ini juga memenuhi satu prinsip kinerja penegakan hukum yang baik dalam penumpasan atau memerangi tindakan terorisme ini. “Kelompok-kelompok ini mengganggu proses demokratisasi, melukai orang lain, merugikan orang lain, dan merugikan warga negara yang harusnya dibela oleh negara,” ungkapnya.

Jadi, lanjut Haris, dalam konteks itu, hak asasi yang ingin disampaikannya adalah harus ada peran aktif negara secara profesional dalam melakukan tindakan penegakan hukum terhadap terorisme ini. Catatannya, jangan sampai negara melakukan penegakan hukum secara tidak profesional. Karena itu bisa mengakibatkan pelanggaran HAM.

Lebih lanjut Haris mengatakan, penanganan terorisme ini tidak boleh melanggar hak asasi dari pelaku. Misalnya, penangkapan secara brutal, ada penyiksaan dalam pemeriksaan, lalu ada BAP yang tidak sesuai keterangan. “Itu proses-proses hukum yang melanggar hak asasinya para orang yang diduga teroris itu,” kata dia.

Menurut Haris, penanggulangan terorisme itu harus profesional, sesuai dengan prosedur hukum. Dia khawatir kalau aparat tidak profesional pada terduga teroris, maka justru akan menimbulkan masalah baru. Misalnya tindakan yang melanggar aturan, dan menimbulkan penderitaan serta kerugian buat orang-orang yang diduga teroris itu.[Az].



Sumber: Lazuardi Birru


Tidak ada komentar:

Posting Komentar