Senin, 04 Februari 2013

Tanggulangi Radikalisme, Peran Ormas Sangat Penting



Organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam seperti Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, Persis, dan ormas lain mempunyai peran yang sangat penting dan vital di masyarakat. Tak terkecuali dalam menangani radikalisme dan terorisme di Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan Dosen Fakultas Adab, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, Ainul Yaqin pada Lazuardi Birru. “Saya pikir sangat penting untuk bekerja sama dengan ormas-ormas Islam seperti Muhammadiyah, NU, Persis dan lain sebagainya,” kata Yaqin.

Menurut dia, ormas-ormas Islam seperti NU dan Muhammadiya tersebut mempunyai institusi pendidikan yang luar biasa besar. Lembaga pendidikan tersebut bisa maksimal untuk membangun karakter generasi muda agar tidak mudah terpengaruh oleh pemikiran negatif, termasuk juga ideologi yang berpotensi untuk melakukan tindakan teror.

“Peran ormas ini tidak bisa dianggap kecil. Dengan bekerja sama dengan ormas-ormas ini bisa melakukan pendekatan dan upaya yang sangat efektif,” ungkapnya.

Bahkan, kata Yaqin, pada ormas atau kelompok yang selama ini dianggap bersebrangan atau dianggap radikal, pemerintah juga harus menggandengnya. “Kalau pemerintah melakukan pendekatan yang baik dan kontinyu, saya kira mereka juga bisa diajak berkerja sama,” kata Yaqin menjelaskan.[Az].



Sumber: Lazuardi Birru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar