Senin, 25 Februari 2013

Perkuat Kehidupan Umat dari Sisi Pendidikan dan Sosial


 

Selaras dengan fungsi dan keberadaan ormas ke agamaan sebagai simpul gerakan umat, Menag Suryadharma Ali berharap umat Islam lebih aktif dan produktif serta memberikan pencerahan dan pencerdasan pemahaman keagamaan kepada umat serta memperkuat kehidupan umat dari sisi pendidikan dan sosial.

Hal itu diungkapkan Menag Menag ketika Menghadiri 100 Tahun berdirinya Pondok Jamiyah Mahmudiyah Litalabil Khayriyah di Tanjung Pura, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, Sabtu (15/12).
Menurut Menag,sudah saatnya kini sisi keumatan dan kebangsaan harusnya dikedepankan dan secara jelas diperankan secara baik. Dalam konteks keagamaan sudah saatnya para pengurus organisasi Islam melakukan langkah strategis dalam rangka merespon persoalan-persoalan keagamaan khususnya pendidikan yang muncul saat ini dengan tetap menjaga independensi organiasi.

Salah satu kekayaan dan kebanggaan umat Islam Indonesia, kata Menag Suryadharma Ali, banyaknya organisasi Islam yang mengambil bagian membangun umat pada bidangnya masing-masing termasuk bidang pendidikan.

Menag berharap, Organisasi Islam saling mendukung dan melengkapi satu dan yang lain dalam membangun sumber daya manusia dalam membangun kemandirian umat.
Disamping memperbaiki internal organisasi Menteri Agama mengajak ormas-ormas Islam termasuk jamiyah mahmudiyah untuk bersama-sama merapatkan saff perjuangan untuk mengatasi persoalan keumatan yang semakin kompleks melalui jalur lintas organisasi.

Menag menambahkan, kalau mau maju kita harus membangun kebersamaan. Jumlah yang besar disebut penduduk Islam mayoritas di dunia tidak akan memberikan arti apa-apa, kalau yang besar itu tercerai berai, satu sama lain saling merendahkan, satu sama lain saling tidak mengakui, kita harus perbaiki kondisi islam seperti itu pada saat ini.

Sebagai bagian dari komponen bangsa, ormas-ormas islam memiliki peluang yang besar untuk memainkan peranan yang signifikan ditengah kehidupan berbangsa dan bernegara.[Az].


Sumber: Lazuardi Birru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar