Jumat, 22 Februari 2013

Radikalisme Tumbuh Pesat Karena Tiga Faktor


 

Radikalisme tumbuh pesat disebabkan oleh tiga hal, yaitu karena ideologi, situasi sosial (ketidakadilan, red) dan provokasi. Ketiga hal yang menyebabkan suburnya radikalisme tersebut dapat berujung pada tindakan terorisme. Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Moderate Muslim Society (MMS) Agus Muhammad.

Ia mengistilahkan ideologi sebagai bibit, situasi sosial (ketidakadilan, red) sebagai lahan atau ladang, dan provokasi sebagai pupuk. “Radikalisme yang kemudian berkembang menjadi terorisme, itu berawal dari adanya ideologi atau gagasan bahwa dirinya paling benar, ajaran dia yang paling benar. Dan biasanya, orang tersebut menganggap ajaran lain salah,” kata Agua pada Lazuardi Birru, di Jakarta.

Biasanya, kata Agus, orang yang terinveksi pemikiran radikalisme ini selalu berpikir hitam putih, yang ada di benaknya hanya benar dan salah. “Keyakinan seperti ini mengingkari realitas, termasuk terhadap keyakinannya sendiri,” tegas alumni Fakultas Syariah IAIN (sekarang UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta ini.

Menurut Agus, keyakinan yang benar hanya milik Allah. Dan Allah nanti yang akan menghukumi di akhirat nanti. Masalahnya, lanjut Agus, mereka kemudian menjadikan dirinya seolah-olah seperti Tuhan. Karena merasa dirinya paling benar, kata Agus, biasanya mereka mengajak, mengkampanyekan, bahkan tak sedikit yang menggunakan cara-cara pemaksaan, kekerasan, bahkan yang paling vulgar melakukan cara melakukan pengeboman, seperti yang dilakukan oleh kelompok teror.[Az].


Sumber: Lazuardi Birru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar