Senin, 04 Februari 2013

Peringatan Hari HAM Sedunia Tahun ini Angkat Penyandang Disabilitas



Kemarin, 10 Desember, seluruh dunia memperingati Hari HAM Sedunia. Dalam peringatan ini tak ketinggalan para aktivis HAM dari berbagai dunia menggelar aksi untuk menuntut ditegakkannya HAM sebenar-benarnya.

Pada perayaan tahun ini, Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) mengambil tema “My Voice Counts”, yang mempromosikan hak-hak penyandang disabilitas.

Di Indonesia, PBB melakukan acara perayaan di Puri Indah Mall, Jakarta, Senin (10/12/2012). Acara tersebut pun mengundang grup-grup penyandang disabilitas di Indonesia untuk mempromosikan hak-hak yang dimiliki oleh kelompok itu.

PBB menyatakan, sekira satu miliar penduduk di dunia hidup dengan disabilitas, baik disabilitas fisik maupun mental. Kebanyakan mereka dilaporkan PBB belum dapat menikmati hak-haknya dan seringkali mengalami diskriminasi.

“My Voice Counts berarti semua orang memiliki hak untuk didengar suaranya, termasuk juga kelompok disabilitas. Kelompok disabilitas harus diberikan akses agar dapat berkontribusi dalam pembangunan,” ujar Michell Zaccheo, direktur United Nations Information Center (UNIC) di Indonesia. [Mh].



Sumber: Lazuardi Birru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar