Senin, 14 Januari 2013

Pemahaman Keanekaan Islam Tumbuhkan Rasa Hormat atas Perbedaan

Memprihatinkan memang jika melongok kehidupan internal umat Islam. Terkesan konflik mudah sekali tersulut. Biasanya dan sebagian besar konflik antar-umat Islam terjadi lantaran perebutan klaim kebenaran. Masing-masing merasa aliran dan pemahamannya yang paling sahih sementara yang lain sesat.

Buku menarik dari sejarawan Theodore Friend layak dilirik. Buku ini memotret keberagaman keagamaan dalam tubuh umat Islam. Friend melakukan penelitian di 5 negara yang mayoritas penduduknya muslim. Di antaranya adalah Indonesia, Saudi Arabia, Iran, Turki dan Pakistan.

Menurut Friend setiap negara dan di internal negara itu sendiri, keberagaman corak ke-Islaman tampak di mana-mana. Perbedaan karakteristik dimungkinkan karena ada banyak faktor yang mempengaruhinya, di antaranya geografis, latar belakang historis dan kultural serta kondisi sosio-politik.

Menurut Guru Besar Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Musdah Mulia, memahami keanekaan Islam sangat penting bagi umat Islam. Karena dengan memahami keanekaan Islam, primasi atas nilai-nilai penghormatan akan keberagaman sebagai suatu sunnatullah menjadi mungkin. [Mh]



Sumber: Lazuardi Birru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar