Rabu, 02 Januari 2013

OKI Sambut Status Kemerdekaan Palestina


Seperti diberitakan oleh pelbagai media sebelumnya, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBBI) akhirnya mengakui Palestina sebagai negara pemantau nonanggota di PBB, yang berarti pengakuan secara de facto terhadap Palestina sebagai negara dalam sidang Majelis Umum PBB ke 67 di markas PBB di New York, AS, pada Kamis, 29/11/2012 waktu setempat.

Pengakuan ini mendapat dukungan dan sambutan yang cukup baik. Salah satu dukungan datang dari Organisasi Kerjasama Islam (OKI). Dukungan tersebut disampaikan saat delegasi Palestina ikut serta menghadiri Konferensi Tingkat Menteri (KTM) OKI keempat di Jakarta, pada Selasa, 4/12/2012.
Acara tersebut menjadi kegiatan organisasi pertama Palestina usai mendapat status baru di PBB. Kehadiran Palestina dalam konferensi tersebut disambut baik oleh anggota OKI.

Konferensi yang akan membahas peran wanita di negara berkembang tersebut merupakan pertemuan dua tahunan OKI setelah sebelumnya dihelat di Turki, Mesir dan Iran. Kali ini, konferensi nampak berbeda dan spesial dengan kehadiran Palestina.

“Selamat datang untuk Palestina yang ikut hadir dan selamat atas status baru non-member state Palestina di PBB,” kata Direktur Eksekutif PBB untuk wanita, Michelle Bachelet saat memberikan sambutan dalam konferensi yang digelar di Ritz Carlton Kuningan Jakarta, seperti dilansir Republika.
Tidak hanya Michelle, Sekjen OKI Ekmeleddin Ihsanoglu pun menyambut kehadiran Palestina dalam konferensi tersebut.

Sementara itu, Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengatakan, Indonesia berperan aktif menggalang dukungan dari anggota sahabat di PBB untuk memberi suara setuju bagi peningkatan status Palestina di badan dunia itu sebagai pengamat (observer).

“Kami menyampaikan terima kasih kepada Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa yang mewakili Indonesia dalam menggalang dukungan di PBB bagi status baru misi Palestina,” kata Abbas saat menerima kunjungan muhibah DPR-RI ke Ramallah, Tepi Barat, Palestina, seperti dilansir Beritasatu.com, Senin.[Az]


Sumber: Lazuardi Birru


Tidak ada komentar:

Posting Komentar