Rabu, 16 Januari 2013

Kementrian Agama Rangkul Anak Terlantar Menjadi Santri





Sejak tahun 2010, Kementrian Agama telah menjalankan program untuk membantu negara terkait persoalan anak-anak terlantar. Jumlah anak terlantar di Indonesia tidaklah sedikit. Terutama di kota-kota besar seperti Jakarta. Data tahun 2009 menunjukkan anak terlantar di DKI Jakarta mencapai 12.500 anak.

Program Kementrian Agama ini bernama program Dikterapan (Pendidikan Terpadu Anak Harapan). Melalui program ini Kementrian Agama mencoba merangkul anak-anak terlantar dan mengajak mereka ke pesantren. Tak ada pungutan biaya apapun yang dibebankan pada anak-anak terlantar ini. bahkan sebaliknya uang tunai Rp. 500.000 diberikan pada setiap anak per bulannya.

Menurut Ace Saifuddin, Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, sejak pertama kali program ini digulirkan, sudah 10 ribu anak terlantar yang dirangkul Kementrian Agama.

Ada banyak fasilitas yang didapat anak-anak terlantar tersebut. Di samping mereka ditempatkan di pondok-pondok pesantren dan mendapatkan uang saku perbulannya, mereka juga mendapat pendidikan, pakaian, makanan dan minuman secara gratis. [Mh]



Sumber: Lazuardi Birru

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar