Jumat, 04 Januari 2013

Bantu Muslim Rohingya, OKI-PMI Bersinergi


Konflik yang menimpa umat Muslim Myanmar akibat konflik Rohinya-Rakhine mendorong Organisasi Kerjasama Islam (OKI) menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) bekerja sama guna penyaluran bantuan kemanusiaan pada korban konflik.

Kesepakatan kerja sama terjadi seusai Sekretaris Jenderal OKI, Ekmeleddin Ihsanoglu berdiskusi dengan Ketua PMI, Jusuf Kalla (JK) di kantor PMI, Senin, 3/12/12.
Menurut JK, kerja sama PMI dan OKI merupakan lanjutan dari kerja sama kemanusiaan yang pernah dilakukan, seperti di Aceh, Pakistan, dan Afrika. Namun, kali ini pemberian bantuan akan dikhususkan untuk rakyat Myanmar. Bentuknya kerja sama operasi. “Indonesia akan lebih dekat dengan dan lebih mudah membantu karena bisa masuk ke sana (Rohingya) sampai sekarang,” kata Ketua Dewan Masjid Indonesia itu.

Sebab itu, lanjut JK, kerja sama ini untuk bersama-sama aktif memberi bantuan di Rohingya, Myanmar. Menurut JK, potensi bantuan untuk rakyat Rohingya sangat besar. Rencananya, bantuan akan diberikan dalam berbagai macam bentuk.

Pasalnya, warga Myanmar yang terkena konflik masih membutuhkan bantuan yang banyak. Mereka masih kesulitan makanan, rumah, obat-obatan, air bersih, dan banyak lagi, tambah JK. Namun, JK memastikan baik OKI maupun PMI tidak akan menyentuh masalah pemberian kewarganegaraan.

Disinggung besaran bantuan yang akan diberikan nanti, JK menyatakan belum membicarakan detail dari bantuan untuk Myanmar. Pasalnya, hal itu akan dibahas pada pertemuan selanjutnya dengan Ihsanoglu nanti.[Az]



Sumber: Lazuardi Birru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar