Senin, 14 Januari 2013

Meski Berubah Menjadi UIN, Minat Mahasiswa Pada Studi Agama Tidak Redup

Metamorfosa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) menjadi Univeritas Islam Negeri (UIN) sudah memasuki tahun ke-10. Ada indikator kemajuan yang bisa disebutkan dari perubahan kampus berbasis agama Islam ini. Salah satunya adalah arus masuk mahasiswa yang semakin meningkat.

Di samping itu, Direktur Pendidikan Tinggi Islam Kementrian Agama, Prof. Dr. H. Dede Rosyada, MA menambahkan bahwa ada prestasi yang cukup melegakan bagi Kementrian Agama. Pasalnya minat mahasiswa baru tidak hanya pada program studi umum, namun juga pada program studi agama.

Dikatakan melegakan lantaran ketika awal perubahan IAIN dahulu, sempat dikhawatirkan fakultas dan jurusan agama akan kalah pamor dengan bidang studi umum. Artinya Kementrian Agama cemas jika cendekiawan muslim yang lazim dicetak di IAIN berkurang jumlahnya.

Sejak dahulu IAIN emang terkenal mencetak cendekiawan-cendekiawan muslim yang tangguh. Nurcholis Madjid, Azumardi Azra, Harun Nasution dan Quraisy Syihab adalah nama-nama harus jebolan kampus berbasis Islam ini. [Mh]



Sumber: Lazuardi Birru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar