Senin, 14 Januari 2013

Demi Keutuhan Bangsa, Keberagaman Harus Dirawat


Psikolog komunikasi politik Universitas Indonesia (UI) Prof Dr Hamdi Muluk mengatakan, pemerintah harus tegas pada kelompok atau organisasi yang mengancam keutuhan dan persatuan bangsa. Menurut dia, jangan sampai keberagaman yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia ternodai oleh ulah kelompok yang tidak bertanggung jawab.

“Pemerintah harus tegas. Setiap kelompok yang menggunakan cara kekerasan dalam menyelesaikan persoalan tidak mempunyai tempat di negara kita ini,” kata Hamdi pada Lazuardi Birru.
Menurut Guru Besar UI, Indonesia merupakan negara yang dibangun di atas perbedaan. Selama ini, perbedaan tersebut menjadi penguat dan pemersatu bangsa dalam konsep Bhinneka Tunggal Ika. Karena itu, lanjut Hamdi, jangan sampai persatuan dan kesatuan bangsa tersebut dirongrong oleh kelompok tertentu yang menginginkan perpecahan.

Lebih jauh Hamdi mengatakan, Indonesia memiliki empat pilar berbangsa dan bernegara yang menjadi landasan keutuhan bangsa yang dibangun di atas keberagaman itu. Empat pilar tersebut antara lain, Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI.

“Empat pilar tersebut merupakan kompromi dan konsensus sejarah terbentuknya negeri ini. Jadi, sebenarnya tidak perlu kita persoalkan karena semua golongan sudah diberi ruang yang sama, baik Islam, Hindu, Budha, Kristen, dan lain sebagainya,” demikian Hamdi menjelaskan.

Hamdi menegaskan, semua punya tempat yang sama, tidak boleh ada kekerasan dan diskriminasi. Negara harus istiqomah menunjukkan dan menjalankan konsitusi yang telah disepakati oleh para pendiri bangsa ini.[Az]


Sumber: Lazuardi Birru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar