Rabu, 02 Januari 2013

Indonesia Bakal Jadi Markas Pusat Fisika Teori Internasional di Asia Timur


International Atomic Energy Agency (IAEA) dan ICTP menilai Indonesia layak dan berpeluang menjadi markas Pusat Fisika Teori International (International Center for Theoretical Physics/ICTP) di kawasan Asia Timur. “Ini sesuatu yang membanggakan,” kata Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan), Djarot Wisnubroto. Menurutnya penilaian kelayakan tersebut dilakukan berdasarkan keberadaan infrastruktur keilmuan seperti laboratorium serta kemampuan sumber daya manusia.

Rencana untuk menjadi Pusat Fisika Teori Internasional tersebut sudah mendapat dukungan dari Kementerian Riset dan Teknologi, universitas, dan lembaga-lembaga penelitian. Dengan posisi Indonesia di bidang ilmu fisika maka akan makin diperhitungkan lagi bila menjadi markas Pusat Fisika Teori Internasional di tingkat regional.

Sementara itu, Deputi Bidang Penelitian Dasar dan Terapan Batan, Anhar Riza Antariksawan, menyampaikan pembentukan ICTP Regional Asia Timur di Indonesia akan sangat menguntungkan, termasuk di antaranya meningkatkan interaksi ilmuwan dalam negeri dengan ilmuwan internasional. “Indonesia akan menjadi magnet bagi ilmuwan mancanegara karena banyak kegiatan yang digelar,” tambahnya. [Mh]


Sumber: Lazuardi Birru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar