Selasa, 08 Januari 2013

Jawab Tantangan Zaman, Umat Islam Perlu Enam Karakteristik Dasar

Tantangan umat Islam abad smartphone  ini semakin kompleks. Berbagai macam kebaruan yang muncul di seluruh penjuru sendi-sendi kehidupan mau tidak mau menggoda pemahaman keagamaan untuk menanggapinya. Jika tidak problem aleniasi akan muncul dalam tubuh umat Islam itu sendiri.

Dalam acara IRCM (International Research Conference on Muhammadiyah) yang digelar selama 3 hari di Universitas Muhammadiyah Malang, Amin Abdullah merumuskan enam karekteristik dasar pengertian Islam “Berkemajoean” (Muslim Progresive).

Yang pertama, Pembaruan pandangan teologis Islam; yang kedua Ijtihad yang segar; ketiga, Integrasi pengetahuan Islam tradisional; keempat Perubahan social yang tidak dapat dihindari dalam politik, ekonomi, dan teknologi haruslah tercermin dalam pandangan dunia Muslim kontemporer; kelima, Refrainment dari menjadi “dogmatis” dalam segala urusan agama dan teologis.  Keenam, nilai Global: Keunggulan dan advokasi keadilan sosial, kesetaraan gender, hak asasi manusia dan hidup berdampingan secara damai dengan siapa saja.

Selainitu hal tersebut, Amin Abdullah juga menyampaikan ada lima parameter yang dapat diukur dalam pembaruan identitas Muhammadiyah di abad ke-2. Pertama, keterlibatan yang utuh dalam tradisi keislaman. Kedua, hendaknya menghindari sikap apologis. Ketiga, Penyelarasan antara visi dan langkah konkret. Keempat, menyandarkan aspek Humanisme dan adat. Dan yang kelima, keterbukaan pada sumber pengetahuan sekunder. [Mh]


Sumber: Lazuardi Birru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar