Kamis, 13 Februari 2014

Pendidikan Agama Bisa Cegah Peredaran Narkoba




Badan Narkotika Nasional (BNN) meminta pondok pesantren dan lembaga agama lainnya untuk berperan aktif memberikan pembinaan kepada para generasi muda. Hal ini untuk mencegah pengaruh narkoba sejak dini.

"Saya mengharapkan kepada para jajaran pengurus pesantren agar ikut berpartisipasi dalam memulihkan para pecandu narkoba. Karena masalah narkoba adalah masalah kita semua," ujar Deputi Bidang Pencegahan BNN Eko Wibawati, di Jakarta, Rabu (12/2/2014).

Menurutnya, peran serta lembaga pendidikan agama sangat penting mengingat efek yang berbahaya dari narkotika. Sebab narkoba memiliki efek yang sangat merusak dan bahkan pengkonsumsi narkoba mengalami kerusakan pada jaringan otak.

"Akibatnya akan membuat pemakainya seperti orang yang tidak waras bahkan cenderung melakukan perbuatan kriminal, seperti mencuri untuk memenuhi ketergantungan terhadap narkoba," ujarnya.

Eko menambahkan, pengguna narkoba memiliki kecenderungan untuk malas belajar dan acuh terhadap lingkungan sekitarnya.

Untuk itu BNN menyarankan kepada publik untuk melaporkan kerabat atau teman yang menjadi pengguna narkoba. Hal ini BNN bisa mencegah dengan cara merehabilitasi.

"Saya sarankan jika ada teman kalian yang menggunakan narkoba hendaknya berikan saran agar melapor ke IPWL (Institusi Penerima Wajib Lapor) nanti di sana para penyalahguna narkoba akan diberikan terapi untuk melawan keinginanya mengkonsumsi narkoba dan tidak akan dipenjara," tandasnya.

Sumber: Inilah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar