Rabu, 19 Februari 2014

Ketum MUI Baru Bisa Kenalkan Islam Moderat




Ketua PP Muhammadiyah Din Syamsuddin terpilih menjadi Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) menggantikan KH. Sahal Mahfudz yang meninggal dunia pada Jumat 24 Januari 2014. Keputusan Din terpilih menjadi Ketua Umum MUI yang baru ditetapkan pada rapat pimpinan MUI yang diselenggarakan pada Selasa (18/2/2014). Din akan memimpin MUI hingga tahun 2015 mendatang. 

Imam Masjid Pusdai Jawa Barat Deni Albar menilai Din Syamsuddin tepat memimpin MUI karena Din bisa memperkenalkan Islam moderat untuk skala nasional maupun internasional.
"Sosok Pak Din sangat diperlukan umat dan dengan menjadi Ketua Umum MUI semangat Islam moderat bisa terus tumbuh," kata Deni Albar, Selasa (18/2/2014). 

Apalagi, kata Deni, Din dikenal sebagai intelektual yang luwes dan mumpuni. Kebijakan dan ijtihad Din diharapkan bisa memberi kontribusi riil dalam menengahi lintas pemahaman umat yang semakin majemuk. 

Menurut Deni, Islam yang inovatif serta modern ini yang akan menjadi warna kepemimpinan Din pada masa mendatang. "Kebekuan antarumat Insya Allah akan dikemas beliau menjadi harmoni," kata Deni.

Din saat ini sebagai Ketua Umum PP Muhammadiyah dan aktif memperkenalkan Islam yang damai dan toleran di nusantara dan luar negeri. Din aktif melakukan kegiatan lintas agama untuk memberikan pengertian arti penting hidup damai di tengah perbedaan. Yang bersangkutan pun kerap memberikan kuliah umum di kampus di Barat seperti di Amerika dan Eropa tentang keislaman.

Sumber: Republika

1 komentar: