Jumat, 23 November 2012

Teroris Mumbai Dieksekusi Mati Hari Ini



                                     Hotel di Mumbai yang Menjadi Sasaran Teror pada 2008


Satu-satunya pelaku yang masih hidup dalam serangan teroris Mumbai tahun 2008 lalu, dihukum mati hari ini. Eksekusi mati ini dilakukan hampir empat tahun setelah 166 orang tewas dalam teror Mumbai yang berlangsung tiga hari tersebut.
Mohammed Kasab dihukum gantung di penjara Yerwada di Pune, negara bagian Maharashtra setelah Presiden India Pranab Mukherjee menolak permohonan grasinya awal bulan ini.

“Kasab dipindahkan ke penjara Yerwada dua hari lalu. Dia digantung pada pukul 07.30 pagi tadi,” kata menteri dalam negeri negara bagian Maharashtra, R. R Patil kepada para wartawan di Mumbai.
“Eksekusinya merupakan penghargaan yang tepat untuk para korban serangan Mumbai,” imbuh Patil dalam konferensi pers seperti dilansir detikcom dari kantor berita AFP, Rabu (21/11/2012).
Kasab merupakan satu dari 10 pria bersenjata yang melakukan teror di kota Mumbai yang dimulai pada 26 hingga 28 November 2008. Pria kelahiran Pakistan itu merupakan satu-satunya pelaku yang masih hidup menyusul tragedi Mumbai tersebut. Para pelaku lainnya tewas dalam baku tembak dengan petugas keamanan India selama serangan teror itu berlangsung.

Kasab divonis mati pada Mei 2010 setelah dinyatakan bersalah atas sejumlah dakwaan, termasuk melancarkan perang terhadap India, pembunuhan, dan aksi-aksi terorisme. Dia mengajukan banding ke Mahkamah Agung dengan alasan dirinya tidak mendapatkan persidangan yang adil. Namun bandingnya ditolak pada Agustus lalu.
Kasab awalnya ngotot mengaku tidak bersalah namun kemudian dia mengakui sebagai salah satu pelaku yang ditugaskan oleh organisasi radikal Pakistan, Lashkar-e-Taiba. (sq)

Sumber: Lazuardibirru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar